August 02, 2016

Perbedaan i++ , ++i , i+=1 , i=i+1 dan i+=2 dalam pemrograman


Ketika mempelajari bahasa Pemrograman, lambat laun kita akan diperkenalkan dengan statement i++ , ++i , i=i+1, i+=1 , dan i+=2 . Kadang juga statement seperti itu di deklarasikan dengan X , Y, ataupun Z.

x++ , ++x , x=x+1, x+=1 , dan x+=2 .

y++ , ++y , y=y+1, y+=1 , dan y+=2 .

z++ , ++z , z=z+1, z+=1 , dan z+=2 .


Apakah antara empat statement ( X, Y, Z , I ) itu sama ? ya, statement tersebut sama hanya berbeda penamaan variabel saja, secara fungsi dan definisi ke empat statement tersebut sama.

Oke untuk membahas hal di atas, kita akan menggunakan variabel “i”


Apakah maksud dan Perbedaan dari i++ dengan ++i ?


Secara umum, Operator ++ dalam algoritma bahasa pemrograman merupakan operator yang mempunyai fungsi untuk menaikan nilai sebesar satu (1). Akan tetapi letak peletakan operator tersebut di awal dan di akhir dapat memberikan effek atau fungsi yang berbeda.
untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh kode Dibawah ini :

Kode di bawah menggunakan bahasa pemrograman Java, Tidak ada perbedaan mengenai fungsi i++ , ++i , i=i+1, i+=1 , dan i+=2. dalam bahasa pemrograman Java, C++, C# dan begitu juga bahasa pemrograman lain. Mereka mempunyai fungsi atau kegunaan yang sama.



Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



Jadi dapat kita pahami bahwa statement i++ dapat disimpulkan bahwa nilai dari variabel A akan bertambah satu, sedangkan variabel B akan mengambil nilai pada Variabel A sebelum terjadi operasi.

Sedangkan ++i, nilai dari variabel A akan bertambah satu, dan variabel B akan mengambil nilai pada Variabel A setelah terjadi Operasi.


Apakah Maksud dan fungsi dari i=i+1 ?

i=i+1 ? Bukankah itu aneh ? masa i = i+1 ? memang secara logika ekspresi tersebut akan terlihat aneh, dan secara matematis tidak akan ada i yang akan memenuhi ekspresi i+1. Akan tetapi lain halnya saat kita berbicara mengenai bahasa pemrograman, maksud sebenarnya dari i=i+1 adalah :

i=i+1

Hasil penjumlahan i dengan 1 akan dikembalikan kepada i, jadi nilai i akan bertambah satu nilai setelah operasi tersebut diproses.
Perhatikan Illustrasi dibawah ini :



Apakah Perbedaan dari i=i+1 dengan i++ ?


Menurut hasil operasi yang di peroleh kedua bentuk tersebut tidak ada perbedaan atau dapat dikatakan sama. Lalu, dimana letak perbedaannya ? Perbedaannya ada pada konsep operasinya, dan terbukti bahwa i++ lebih efisien dan praktis penggunaannya daripada i=i+1. Mengapa ? i++ dapat di eksekusi lebih cepat oleh komputer karena kebanyakan processor masa kini memiliki instruksi untuk menaikan atau menurunkan nilai sebesar 1 lebih cepat.

Maksud Bentuk Ekspressi dari i+=1 ataupun i+=2 ?

Dalam beberapa Bahasa pemrograman hal di atas disebut dengan operator penugasan, ekspresi di atas sebenarnya tidaklah berbeda dengan ekspresi i=i+1, hanya lebih dipersingkat. Pada dasarnya :

i+=1 sama halnya dengan i=i+1

i-=1 sama halnya dengan i=i-1

i*=1 sama halnya dengan i=i*1

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa i+=1 dengan i=i+1 adalah hal yang sama, dan hanya lebih dipersingkat.

Share this

seorang blogger newbie yang menyukai informasi seputar microsoft dan juga menyukai pemrograman komputer. koding123.com

1 Response to "Perbedaan i++ , ++i , i+=1 , i=i+1 dan i+=2 dalam pemrograman"

  1. Pada akhirnya, kalian harus coba sendiri dan memikirkannya sendiri ya supaya bener" paham. Trial and error. Mengetahui dasar seperti ini sangat penting.

    ReplyDelete