February 16, 2016

Konsep Perulangan (Looping) dalam Algoritma Pemrograman Bahasa C/C++ ( C or C++ )

Pengulangan ( looping ) dalam Algoritma Pemrograman bahasa C or C++ ( C/C++ ), Dalam bahasa pemrograman, Pastilah tidak asing di telinga kita mendengar Suatu kata yaitu Perulangan. Apakah yang dimaksud Dengan Perulangan itu ?, Apa fungsi dari Perulangan dalam pemrograman dan bagaimana cara kerja dan konsep perulangan tersebut ?, oke kita akan membahasnya.

Perulangan atau yang biasa juga disebut dengan Looping, merupakan suatu kegiatan dalam algoritma pemrograman yang bertujuan untuk mengulang - ulang suatu statement, Sampai batas yang kita inginkan. 

Pada dasarnya, dalam algoritma pemrograman, Perulangan dibagi menjadi 2 Hal, yaitu :
  1. Syarat Perulangan
  2. Tubuh Perulangan
Syarat Perulangan Merupakan, Suatu Kondisi yang harus dipenuhi untuk melaksanakan sebuah perulangan.
Tubuh Perulangan Merupakan, Suatu Baris atau Intruksi - intruksi yang akan di ulang.

Macam - macam Perulangan Dalam Pemrograman C or C++

Di dalam Bahasa Pemrograman, Perulangan dibagi menjadi  3 ( tiga ), yaitu :
  1. While
  2. Do - While
  3. For

Perulangan While dalam C/C++

perulangan While atau yang biasa juga disebut dengan Indeterminate Loop Merupakan suatu metode perulangan yang Pemeriksaan Statementnya dilakukan setelah Pemeriksaan Kondisi.di lakukan.
Jadi Program mula - mula akan mendeteksi terlebih dahulu bagaimana kondisi dari Perulangan  While tersebut, setelah itu Eksekusi dalam statement baru dilakukan.
Pada dasarnya Dalam Perulangan While, Perulangan akan terus menerus di ulang -ulang sampai dengan kondisi yang menjadi prasyarat bernilai False atau Salah. dan untuk bentuk penulisan algoritma perulangan Whille, dapat kita lihat di bawah ini.

Bentuk umum Perulangan While

while(condition){
 ......
 Statement
 ......
 }
Pada algoritma Perulangan While di atas Condition  di isi dengan kondisi yang kita inginkan dalam program tersebut, Misalkan, kita ingin membuat suatu Perulangan sampai dengan 10 pengulangan, maka yang kita tuliskan dalam Condition adalah sebagai berikut | while(i <= 10){ | yang mana, "i" merupakan variabel dari sebuah perulangan, dan angka 10 merupakan batas pengulangan tersebut, kita juga bisa mengganti angka 10 dengan variabel, yang mana variabel tersebut di inputkan secara manual oleh user.

Prinsip Kerja Perulangan While

Pernyataan WHILE menguji kondisi yang menjadi prasyarat. Jika kondisi bernilai true maka pernyataan di dalam tubuh perulangan akan dikerjakan. Sebaliknya Apabila kondisi bernilai false atau salah, maka perulangan akan dihentikan.
dan, setiap kali pernyataan di dalam tubuh perulangan WHILE selesai dikerjakan, kondisi prasyarat akan diperiksa kembali.

FlowChart perulangan While.

Perulangan While mempunyai Flowchart yang cukup unik dan simple, Lihat gambar dibawah :
koding123.com Gambar FlowChart Perulangan While
Flowchart Perulangan While

 

Contoh Program Perulangan While

Untuk Contoh Penggunaan Perulangan While dalam Algoritma Pemrograman, Dapat kita lihat pada


Perulangan Do - While

Merupakan modifikasi dari Perulangan While, Perulangan Do While dapat di katakan Perulangan yang sistim nya kebalikan dari While, Pada Do - While Kondisi Di periksa setelah Pemeriksaan Statement dilakukan. Sistem Perulangan Do - While Dapat 


Bentuk Umum Perulangan Do - While

do{
   ...
   Statement
   ...
   }while(condition);
Pada program di atas kita dapati bahwasanya Condition pada perulangan do - while di letakan pada akhir baris.


Prinsip Kerja Perulangan Do - While

Mula-mula tubuh perulangan WHILE akan dikerjakan tanpa melakukan pengujian terhadap kondisi yang menjadi prasyarat. Setelah itu, kondisi prasyarat perulangan diperiksa. Apabila   kondisi bernilai true atau benar, maka pernyataan yang ada di dalam tubuh perulangan akan dikerjakan sekali lagi. Namun sebaliknya apabila kondisi bernilai false atau salah, maka perulangan akan dihentikan.

FlowChart perulangan Do While.

Berikut Merupakan, Gambaran kecil mengenai Flowchart Perulangan Do -While
koding123.com Gambar FlowChart Perulangan DO - WHILE
FlowChart perulangan Do While.


Contoh Program Perulangan Do - While.

Untuk Contoh Program Perulangan Do - While dapat kita lihat pada


Perulangan For

Perlu di ketahui bahwa perulangan For juga dapat di sebut dengan Determinate Loop, Hal ini dikarenakan jumlah pengulangan pada perulangan For telah di tentukan sebelumnya, kita misalkan apabila kita ingin memetik 15 buah apel dari pohonnya, Dalam kasus tersebut, sudah kita ketahui bahwasanya pengulangan akan di mulai dari angka 1 (satu) sampai dengan 15 (lima belas)


Bentuk Umum Perulangan For

for(i = 1; i <= 15; i++){
 ...
 statement
 ...
 }
Pada Program Perulangan For diatas, dapat kita ketahui | (i = 1; |  merupakan inisialisasi yang berarti variabel "i" di definisikan dahulu, angka pada variabel "i" berfungsi sebagai titik awal mula Pengulangan, atau bisa di sebut angka awal pengulangan ( pengulangan di mulai dari angka 1) i <= 15 ; | berfungsi sebagai Syarat Pengulangan, angka pada Syarat pengulangan berperan sebagai batas dari pengulangan, seperti kasus yang telah kita sebutkan tadi (memetik apel), angka pada Syarat Pengulangan dapat diganti dengan variabel yang mana variabel dapat di inputkan secara manual oleh user, dan yang terakhir adalah step | i++){ | step berperan sebagai metode yang akan digunakan dalam pengulangan, pada program di atas | i++){ | digunakan untuk menambah angka 1 ( +1 ).

FlowChart perulangan For.

koding123.com Gambar FlowChart Perulangan For
Flowchart Perulangan For


Contoh Program Perulangan For

Untuk Contoh Program Dari Perulangan For dapat kita lihat Pada artikel :

Tutorial Membuat Program Piramida Bintang dengan Perulangan For pada algoritma C/C++

Share this

seorang blogger newbie yang menyukai informasi seputar microsoft dan juga menyukai pemrograman komputer. koding123.com

5 Responses to "Konsep Perulangan (Looping) dalam Algoritma Pemrograman Bahasa C/C++ ( C or C++ )"

  1. keren gan menambah wawasan saya :D

    ReplyDelete
  2. keren ka, kunjungi juga ya, saya juga menulis tentang looping di C
    di :

    http://pradsource.blogspot.co.id/2017/04/tutorial-bahasa-c-2-pengulangan.html

    ReplyDelete