February 23, 2016

Tutorial Membuat Program Piramida Bintang dengan Perulangan For pada algoritma C/C++

Masih berkaitan dengan perulangan pada algoritma pemrograman bahasa C or C++, kali ini kita akan membahas tentang cara atau tutorial membuat program Piramida atau yang sering disebut dengan segitiga bintang menggunakan perulangan for dan tentunya menggunakan bahasa C++ sebagai bahasa pemrogramannya,  perlu di perhatikan bahwa untuk membuat Program Piramida dengan perulangan for, tentu kita harus belajar dahulu dan paham dahulu mengenai perulangan for, karna apa ?, apabila kita dapat membuat programnya tetapi belum mengetahui konsep dari perulangan for, itu sama halnya dengan memasak mie tanpa bumbu, haha, akan terasa hambar kan ?, nah, bagi yang belum mengerti dan ingin belajar full tentang Perulangan Pada algoritma pemrograman C/C++ ( C or C++ ) dapat mengunjungi artikel dibawah ini.


Sekarang kita kembali ke topik utama dari pembahasan kali ini. Tutorial Lengkap Membuat Program Piramida dengan/menggunakan C++, Apakah yang dimaksud dengan Program Piramida ?, untuk apa kita harus mebuatnya ?, Oke kita akan mebahas Pertanyaan yang pertama.

Apa dan maksud/Tujuan dari Program Piramida

Program Piramida merupakan suatu program yang dibuat untuk membuat bentuk seperti segi tiga pada console, Program Piramida ini dapat berguna agar mahasiswa, Khususnya mahasiswa baru yang di bidang IT mengetahui, Bagaimana cara kerja dari Struktur perulangan pada algoritma dalam bahasa perograman khususnya bahasa C atau C++ ( C/C++ ).

Oke, kita sudahi basa - basi nya, kita mulai pembuatan programnya.
Sebelum membahas yang mendalam, alangkah baiknya apabila kita mempelajari dahulu, bagaimana pembuatan program dalam C++. Hal tersebut dapat kita peajari pada halaman di bawah ini.


Oke, kita mulai pembahasannya, untuk membuat suatu program, sebelum nya kita harus menyusun dahulu Code/Source Code nya, Tapi jangan khawatir, Pada materi kali ini, Source Code sudah kita susun, nah bagi kalian yang ingin mempelajarinya boleh copy code di materi ini. akan tetapi tolong cantumkan sumber nya ya.

Membuat Program Segitiga ( Piramida ) bintang C/C++

Cermati Source Code Dibawah. Dibawah ini merupakan Code dari program piramid dengan menggunakan teknik perulangan for yang dapat di pelajari dan dicoba, code dibawah menggunakan standart input jadi user dapat mengisikan bilangan yang ingin di faktorkan dengan bebas.klik tombol yang bertuliskan Run Apabila ingin mencoba code tersebut secara langsung, dan klik tombol Download apabila ingin mengunduh file dari Code tersebut.

Penjelasan Dari Source Code di atas.

  • Pada program di atas kita menggunakan perulangan for, atau yang lebih nya for bersarang, Apakah yang diaksud dengan for bersarang ?, for bersarang ialah adanya for di dalam for.
  • for (i = 1; i<=t; i++){| untuk variabel i awal jumlah adalah 1, dan i kurang dari atau sama dengan variabel t (variabel t di inputkan secara manual oleh user) dan, variabe i setelah di ulang akan bertambah nilainya.
  • Di dalam for i ada for j, yang mana model penggunaanya sama dengan variabel "i" yang membedakan hanyalah, variabel "j" kurang dari atau sama dengan variabel "i" jadi batasan yang digunakan oleh variabel "j" yaitu variabel "i".

Gambaran Program Piramida Bintang C/C++

  • Tampilan Program Pertama kali di jalankan.
    koding123 Tutorial Membuat Program Piramida Segitiga bintang menggunakan C++ C/C++ [ Peruangan for ]
  • Tampilan Program setelah kita memasukan nilai pada variabel.
    koding123 Tutorial Membuat Program Piramida Segitiga bintang menggunakan C++ C/C++ [ Peruangan for ]






Sekian, Pembahasan kali ini, apabila ada pertanyaan, silahkan masukan dalam kolom komentar, Sankyu

Share this

seorang blogger newbie yang menyukai informasi seputar microsoft dan juga menyukai pemrograman komputer. koding123.com

2 Responses to "Tutorial Membuat Program Piramida Bintang dengan Perulangan For pada algoritma C/C++"